ImageSedekah Air, Bantu Pipanisasi untuk Pesantren dan ...
Image

Sedekah Air, Bantu Pipanisasi untuk Pesantren dan Jamaah Masjid di Desa Pelosok Garut

Rp 18.330.000 terkumpul dari Rp 17.000.000
8 Donasi 1 bulan, 3 hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Keterangan

GARUT (Ulurtangan.com) - Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang di Indonesia memiliki akses yang mudah dan memadai terhadap air bersih, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau seperti pengunungan.

Di daerah pengunungan, banyak sekali masyarakat yang mengalami kesulitan dalam memperoleh akses air bersih yang aman dan sehat. Seperti halnya yang dialami oleh para Santri Pondok Pesantren Mau’ul Ulum dan jamaah Masjid Asyifa di Kp. Blok Kopi, Dusun Padaluyu, pelosok Garut Selatan. Untuk memperoleh air bersih, santri dan warga harus berjalan kaki menempuh jarak ratusan meter melalui jalan yang menanjak dan bebatuan, bahkan harus melewati semak-semak dalam hutan.

Sehari-hari santri dan warga hanya mengandalkan air bersih dari satu-satunya sumber mata air yang berada di atas pengunungan Desa Padaluyu, Garut Selatan, namun jaraknya yang cukup jauh dan membutuhkan tenaga yang ekstra membuat warga kesulitan dalam merperoleh air terutama kaum hawa, lansia dan anak-anak yang tidak mudah menjangkau ke sumber mata air tersebut, padahal air merupakan komponen penting dalam kehidupan dan kebutuhan untuk aktivitas sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, dan aktivitas beribadah seperti berwudhu dan mandi junub.

Saat ini Santri Pondok Pesantren Mau’ul Ulum, dan jamaah Masjid Asyifa sangat membutuhkan akses air bersih yang aman, sehat dan mudah dijangkau. Solusi untuk membantu mereka adalah dengan membangun bak penampungan pada sumber mata air dan memasang pipanisasi dari sumber air ke perkampungan sehingga air bisa dialirkan ke pondok pesantren, masjid, musholla dan rumah-rumah warga.

Untuk itu, melalui Ulurtangan.com mari kita bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan air. Memberikan bantuan melalui sedekah air atau wakaf air adalah sebuah amal yang sangat mulia dan memiliki keutamaan yang tinggi di dalam Islam, antara lain:

Pahala yang berkelanjutan. Air yang diwakafkan akan terus mengalir dan digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, pahala dari wakaf air juga akan terus mengalir kepada orang yang membutuhkan, bahkan setelah kita meninggal dunia.

Membantu orang yang membutuhkan. Dalam Islam, membantu orang yang membutuhkan termasuk dalam salah satu amal yang paling dianjurkan. Dengan membantu wakaf air, kita dapat membantu masyarakat yang membutuhkan akses air bersih, terutama di daerah-daerah yang sulit mendapatkan akses air bersih.

Menjadi jalan untuk memperoleh keberkahan. Dalam Islam, wakaf air adalah salah satu amal yang memiliki keberkahan. Dengan membantu wakaf air, kita dapat memperoleh keberkahan dalam hidup kita.

Meningkatkan nilai amal. Dalam Islam, setiap amal yang dilakukan akan dinilai oleh Allah SWT. Membantu wakaf air adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai amal kita di mata Allah SWT.

Memberikan manfaat jangka panjang. Air yang diwakafkan akan terus mengalir dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan dalam jangka panjang. Dengan membantu wakaf air, kita dapat memberikan manfaat yang jangka panjang bagi masyarakat yang membutuhkan akses air bersih.

Dalam Islam, sedekah air atau wakaf air termasuk dalam jenis wakaf produktif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya kaum muslimin untuk bisa menjalankan ibadah dan kewajiban sehari-hari. Oleh karena itu, wakaf air adalah sebuah amal yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang tinggi.

Dibutuhkan biaya sebesar Rp 17.000.000 (Tujuhbelas Juta Rupiah) untuk keperluan pemasangan sarana pipanisasi dari sumber mata air ke pondok pesantren, masjid, mushalla dan warga Kampung Blok Kopi, Padaluyu, Garut Selatan. Pengerjaan terdiri dari: Pembangunan bak penampung di sumber mata air, pemasangan pipa sabdak (HDPE), toren penampungan dan tabung pembagi.

Wakaf Mata Air pahala mengalir disetiap alirannya

Kebutuhan air bersih menjadi urgent bagi santri Pondok Pesantren Mau’ul Ulum dan jamaah Masjid Asyifa di Kp. Blok Kopi Dusun Padaluyu pelosok Garut untuk kebutuhan bersuci, mandi, minum, memasak, dll.

Layaknya Utsman bin Affan yang mewakafkan Sumur Raumah dan tak pernah kering sejak ribuan tahun silam. Mari sisihkan harta amal jariyah untuk mewujudkan Air Bersih di kampung Blok Kopi Desun Padaluyu Insya Allah jadi investasi akhirat yang pahala terus mengalir tak terbatas umur.

Wakafkan sebagian harta untuk alirkan air bersih ke daerah rawan pemurtadan. Raih pahala sedekah jariyah yang terus mengalir tak terbatas umur.

Wakaf mata air ini menjadi sedekah yang mengagumkan di mata Rasulullah, hadis riwayat Imam Abu

Daud dari Sa’id, dia berkata;

أن سعدا أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال أي الصدقة أعجب إليك قال الماء

Suatu saat Sa’ad mendatangi Nabi Saw dan bertanya; ‘Sedekah apa yang paling mengagumkan

kepadamu?’ Nabi Saw menjawab; ‘Sedekah air.’

Mengalirkan Air bukan hanya bermanfaat untuk manusia namun semua makhluk hidup baik hewan maupun tanaman bahkan bangsa jin juga mendapatkan manfaatnya dan menjadikan pahala untuk

kita di akhirat kelak. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Jabir, dia berkata;

مَنْ حَفَر ماءً لم تشرب منه كبد حرَّى من جنٍّ ولا إنسٍ ولا سَبُعٍ ولا طائرٍ إلا آجره الله يومَ القيامة

Barangsiapa menggali air, maka tiada meminum darinya mahluk hidup dari bangsa jin, manusia, dan burung kecuali Allah akan memberinya pahala di hari kiamat.

 

Kabar Terbaru

Donatur (8)

Hamba Allah7 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 100.000
Hamba Allah.12 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 15.000.000
Hamba Allah12 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 35.000
Hamba Allah.12 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 56.000
Gitut Yuliaskar.12 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 3.000.000

Doa-doa orang baik (2)

Hamba Allah7 bulan yang lalu
Semoga berkah
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Almh. Arif Riati12 bulan yang lalu
Semoga bermanfaat & berkah utk seluruh umat muslim
Image
1 Aaminn
+1
Bagikan melalui:
✕ Close